Minggu, 20 Februari 2011

Tahun 2012

Tahun 2012 mendatang, rencana pembangunan fly over di simpang Jakabaring dan under pass di simpang Patal akan segera dimulai. Saat ini, pembangunan dua jembatan layang tersebut masuk dalam tahapan Detail Engineering Design (DED). “Memang dua daerah itu dibutuhkan jembatan layang karena arus lalu lintas di dua daerah itu sangat padat. Makanya ditetapkan dua daerah itu untuk dibangunkan fly over dan under pass,” kata Kepala Satuan Non Vertikal Tertentu (SNVT) Pembangunan Jalan dan Jembatan Metropolis Palembang, Aidil Fiqri kemarin.

Khusus untuk pembangunan fly over di simpang Patal, kata dia, DED-nya tidak seperti fly overyang ada di simpang Polda. Melainkan akan dibangun under pass. Hal itu disebabkan kondisi jalan yang berbukit- bukit sehingga pembangunan diputuskan menggunakan sistem under pass. Dia mengilustrasikan seperti pembangunan fly over di simpang Polda dilakukan menjorok ke atas.Namun untuk pembangunan di simpang Patal akan dilakukan secara menurun atau ke bawah.“ Ya, jadi nanti pembangunan under passdi simpang Patal akan dibuat secara menurun,”terangnya.

Namun, kata dia, konsep dan desain pembangunan jembatan layang di simpang Polda akan diimplementasikan untuk pembangunan jembatan layang di Simpang Jakabaring. Jika dibuat under pass tentu tidak mendukung kelancaran arus lalu lintas,melainkan akan terjadi banjir. Menyoal panjang dan lebar untuk pembangunan fly overdan under passnanti, masih kata dia,pihaknya belum bisa memastikan hal itu mengingat saat ini masih dalam tahapDED.

“Soalpanjangdanlebar, kemungkinan besar sama seperti fly overdi Simpang Polda,”katanya. Begitu pula soal dana yang dikucurkan untuk pembangunan fly overini, belum bisa dipastikan. Namun pembangunan fly over dan under pass ini setidaknya menelan biaya sekitar antara Rp 60-80 miliar. Dia berharap kepada pemerintah pusat dapat segera menggelontorkan dana untuk pembangunan fly over dan under pass ini sehingga pembangunannya dapat dilakukan segera. “Memang melihat kondisi Palembang ini sangat mendesak untuk segera memiliki fly over lagi. Satu fly over tidak cukup untuk membendung kuantitas kendaraan yang setiap tahun semakin bertambah,” ujarnya.

Wali Kota Palembang, H Eddy Santana Putra menambahkan, pembangunan fly over dan under pass di Palembang ini memang benar- benar sangat mendesak dengan maksud meminimalisir terjadinya kemacetan di titik strategis di Plembang. “Alhamdulillah sejak adanya fly over di simpang Polda, kini daerah itu tidak macet lagi. Palembang ini memang harus dibangunkan lebih banyak fly over lagi seperti di simpang Charitas, simpang Patal, simpang bandara dan simpang Jakabaring,”ujarnya. Demikian catatan online books.grandong.com tentang Tahun 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar